Saturday 28 February 2015

Mau Jadi Pelajar Yang Produktif Dan Lebih Berprestasi? Ikuti Cara Ini!


Sebagai mahasiswa atau pelajar pasti tugasmu seakan nggak pernah berhenti. Kamu pun dituntut untuk terus bisa produktif. Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan produktivitasmu dan mencapai harapan-harapan akademik kamu. Dan kalau kamu bingung cara apa aja itu, baca yuk tips berikut ini!

Ciptakan suasana belajar yang nyaman

Bakal sangat sulit untuk bisa tetap produktif kalau ruangan dimana kamu belajar sangat nggak nyaman. Meja belajar berantakan, buku-buku berserakan, lantai yang ubinnya udah tertutup seratus persen sama pakaian kotor: duh! Biar ini nggak terjadi, sebelum mulai belajar, yuk atur tempat belajarmu senyaman mungkin agar kamu bisa belajar maksimal!
1. Pakai perabot belajar yang nyaman
Simple-Wooden-Boy-Study-Space-Style-in-Attic-800x800.jpg
Kalau kamarmu cukup luas dan kamu punya uang yang cukup, nggak ada salahnya kamu beli meja belajar yang besar sekaligus. Kamu bisa meletakkan buku-buku serta berkasmu dan menatanya dengan rapi. Jangan sepelekan pula kursi yang kamu duduki. Pilih kursi yang ergonomis alias mendukung performa terbaik tubuh, karena kursi yang nggak ergonomis bisa berdampak buruk pada punggungmu.
2. Rapikan meja dan buanglah barang-barang yang nggak perlu
6763308421_dcc25c68da_z.jpg
Tempat belajar yang berantakan dan nggak tertata rapi bakal bikin kamu semakin malas untuk belajar. Ujung-ujungnya, kamu nggak akan produktif sama sekali. Jadi singkirkan barang-barang yang udah nggak kamu perluin lagi. Tata dan rapikan barang-barangmu. Kosongkan tempat sampahmu.
3. Beli alat tulis yang bagus
stationary.png
Jangan ragu-ragu untuk membeli peralatan tulis menulis yang bisa membuat hatimu senang. Alat-alat tulis yang bagus dan kamu sukai bisa memancing semangatmu untuk terus produktif dan giat belajar.

Jauhkan gangguan

Kalau kamu udah berhasil bikin tempat dan suasana belajarmu nyaman, langkah selanjutnya adalah menjauhkan berbagai bentuk gangguan yang bisa merusak konsentrasi belajarmu.
4. Cari tempat yang tenang
o-STUDYING-facebook-1170x585.jpg
Kamu nggak akan bisa belajar dengan efektif kalau masih terganggu dengan teriakan adik, kakak atau ibumu. Kamu nggak akan bisa belajar dengan tenang kalau tiba-tiba ibumu memintamu untuk membantunya cuci piring. Saat kamu ingin belajar, beri tahulah mereka kalau kamu butuh ketenangan. Tutup pintu kamarmu. Kalau perlu, kunci pintu agar kamu bisa belajar dengan tenang.
5. Musik dapat membantumu
40421.original-4277.jpg
Nggak semua orang bisa belajar sambil dengerin musik, tetapi beberapa orang bisa menjadi lebih fokus, enjoy dan produktif ketika sedang belajar. Kamu bisa coba sambil dengerin musik favoritmu. Lebih naik dengarkan musik yang berirama santai, atau kalau kamu ingin lebih produktif lagi kamu bisa mendengarkan musik-musik klasik dari Mozart, Bach, atau Beethoven.

No comments: