Wednesday 7 May 2014

8 Alasan Untuk Berkunjung Ke Skotlandia Tahun Ini

Salah satu kastil kuno di Skotlandia. (Foto: shutterstock)
Skotlandia. Negeri di ujung Benua Eropa ini sudah lama dikenal dengan keindahan alamnya, sejarahnya yang berliku, dan tentu saja makanannya yang lezat-lezat.
Jika Anda sudah berniat untuk berkunjung ke Skotlandia, maka segeralah memutuskan. Karena tahun 2014 ini disebut-sebut sebagai tahun terbaik untuk berkunjung ke negeri asalnya Ryan Giggs ini. Karena tahun ini, Skotlandia menyajikan sejumlah event yang mungkin hanya terjadi sekali sepanjang sejarah.
Apa saja event itu? Berikut daftarnya:
1. Ini adalah tahun ‘pulang kampung’
Event serupa pernah digelar pada 2009. Dan tahun ini pemerintah Skotlandia kembali menggelar “Homecoming Year”, di mana para diaspora Skotlandia yang tersebar di banyak negara diundang ‘pulang’ untuk merayakan seni budaya dan kuliner tradisional Skotlandia. Jadi jika beruntung, Anda bisa ikut merasakan keramaian festival itu.
2. Jalur “John Muir” dibuka
April lalu Jalur John Muir dibuka untuk menandai 100 tahun meninggalnya tokoh konservatoris Skotlandia, John Muir. Jalur kereta sepanjang 134 mil ini menghubungkan Dunbar (kampung halaman Muir) dengan Loch Lomond. Sepanjang jalan, Anda bisa menikmati pemandangan menawan seperti kastil-kastil, pegunungan dan kanal-kanal kuno.
3. Glasgow akan menjadi tuan rumah Commonwealth Games
Pesta olahraga empat tahunan ini ini akan digelar mulai 23 Juli hingga 3 Agustus 2014. Sejumlah event menarik ikut meramaikan pesta ini.
4. MTV Europe Music Awards akan digelar di Glasgow
Acara ini akan diselenggarakan di SSE Hydro yang baru dibuka, untuk menandai jejak Glasgow di dunia musik. Event di kota yang dinobatkan menjadi Kota Musik oleh Unesco pada 2008 ini sayang untuk dilewatkan.
6. Peringatan tujuh abad Perang Bannockburn
Bulan Juni ini, tepatnya tanggal 24, tepat 700 tahun Robert the Bruce memimpin pasukannya mengalahkan pasukan Kerajaan Inggris. Ini merupakan perang terpenting dalam sejarah bangsa Skotlandia, dan untuk merayakannya akan digelar ‘pesta’ selama tiga hari pada 28-30 Juni.
7. Pameran seni kontemporer terbesar
Sebuah pameran besar selama sembilan bulan tanpa putus, bertajuk GENERATION akan memamerkan karya dari sekitar 100 seniman Skotlandia. Pameran ini digelar sejak Maret hingga November di 60 galeri, museum dan ruang pertunjukan di seantero Skotlandia.
8. Skotlandia akan memutuskan kemerdekaannya
Berkunjung ke Skotlandia tahun ini, juga akan memberi kesempatan pada Anda untuk menyaksikan peristiwa besar dalam sejarah Skotlandia. September tahun ini rakyat Skotlandia akhirnya diberi kesempatan untuk memilih apakah mereka akan tetap bergabung di bawah bendera Inggris Raya atau menjadi negara yang merdeka.

No comments: