Sunday 15 December 2013

Ada ‘Gerbang’ Ke Luar Angkasa di Swedia

Tidak banyak orang yang mengetahui tentang kota yang bisa menjadi pintu gerbang menuju luar angkasa di dunia ini. Dan hal ini merupakan informasi yang sangat menarik. Sebuah kota kecil Swedia di Arktik, Kiruna, yang telah memiliki sebuah bandara internasional dengan penerbangan reguler ke London dan Tokyo. Dan Kini bandara tersebut berencana membuat program yang lebih besar, yaitu menawarkan penerbangan ruang angkasa komersial. Sebuah perusahaan yang didirikan pada 2007, berharap dapat melayani penerbangan pertama dalam satu dekade tersebut dari bandara Kiruna, Swedia.

Sweden Spaceport 2
Penerbangan angkasa tersebut tidak akan terganggu oleh lalu lintas udara yang sibuk, juga tidak akan mengganggu karena wilayah Kiruma tersebut bukan wilayah yang padat penduduk. Dan ditambah dengan dukungan ruang terbuka lebar di perbatasan Swedia membuat wilayah tersebut menjadi tidak memiliki batasan birokrasi yang harus diselesaikan dengan negara lain.
Kota Kiruna di Swedia ini juga memiliki pengalaman selama 60 tahun dalam penelitian ruang angkasa sehingga mereka pantas mendirikan bandara ruang angkasa di sana. IRF didirikan pada 1957, sementara pusat penelitian ruang angkasa Swedia dan peluncuran roket Esrange, yang terletak di kota tersebut, didirikan pada 1966.

Sweden Spaceport

Spaceport Swedia tidak membuat pesawat ruang angkasanya sendiri, melainkan akan berkolaborasi dengan perusahaan lain, kata Nilsdotter yang menolak untuk mengungkapkan berapa banyak pesawat yang akan dioperasikan maupun identitas perusahaan mitranya tersebut.
Di Amerika Serikat, beberapa perusahaan telah mengembangkan pesawat yang mampu membawa turis ke antariksa, seperti Richard Branson dengan perusahaannya, Virgin Galactic. Dan penerbangan komersial luar angkasa pertama diperkirakan akan dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 2014 mendatang dan beberapa tahun setelah itu akan berlokasi di Swedia. Ada lebih dari 1.000 tiket penerbangan ruang angkasa telah dipesan di Amerika Serikat, meski dijual seharga $200.000 atau setara Rp1,94 miliar per orang! Wow….!

Semoga artikel di atas  bermanfaat bagi si pembaca dan dapat memotivasi Negara kita untuk membuat Spaceport seperti Swedia!!! Amin.

No comments: