Sunday 30 November 2014

4 Fungsi Bulu Ketek



Kamu udah pada gede kan. Nah, salah satu tanda kalau seorang manusia sudah beranjak dewasa itu adalah dengan tumbuhnya bulu-bulu di beberapa bagian tubuh mereka. Salah satunya adalah bulu yang tumbuh pada lipatan bawah lengan yang sering disebut dengan bulu ketek. Buat kamu yang belum-belum udah jijik duluan dengan yang namanya bulu ketek, kali ini MBDC akan ngasih tau kamu bahwa sebenarnya bulu ketek itu ada kegunaannya. Apa aja sih gunanya bulu ketek itu?

1. Menunjukkan Tingkat Kedewasaan

Seperti yang sudah MBDC katakan di awal, bahwa kalo seseorang beranjak dewasa itu biasanya akan numbuh bulu-bulu di beberapa tempat yang bayi tidak memilikinya. Awalnya sih bulu-bulu yang tumbuh itu halus-halus gitu, gak langsung hitam dan tebel kayak punya kamu. Ahak ahak ahak. Kalau seseorang sudah numbuh bulu di keteknya, bisa dikatakan orang itu sudah cukup dewasa, atau paling enggak sudah mengalami masa pubertas. Jadi sekarang ngerti dong, kalau kamu pengen tau tingkat kedewasaan seseorang itu mesti ngapain??

2. Melindungi Tubuh

Mungkin kamu bingung, bagaimana bulu ketek bisa melindungi tubuh kamu. Kalau kamu mencukur bulu ketek kamu, biasanya di ketek akan timbul banyak luka kecil yang gak kelihatan gitu kalo dilihat pake mata biasa. Akibatnya pori-pori kulit di daerah ketek kamu juga akan membesar. Hal itu memungkinkan toksin dan bahan kimia dari berbagai produk seperti deodoran, bedak, krim, dan lotion akan lebih gampang memasuki tubuh kamu. Kalau ada bulu keteknya, palingan kan bahan-bahan kimia tadi cuma nyangkut di situ, gak sampe masuk ke tubuh kamu. Tuh kan sangat melindungi sekali bulu ketek itu.

3. Mencegah Kanker Payudara

Kamu pasti bingung lagi kan, apa hubungannya coba bulu ketek sama kanker payudara. Gini lho, daerah lipatan pada ketek kamu itu adalah tempat kongkownya kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening inilah yang bisa memudahkan transportasi racun dan zat kimia dari luar tubuh ke dalam tubuh kamu, terutama ke payudara. Sehingga proses mencukur atau mencabuti bulu ketek itu akan lebih meningkatkan resiko kanker payudara. Tapi selain itu, kemungkinan racun dari luar tubuh juga bisa masuk ke bagian tubuh lain seperti paru-paru, jantung dan otak.

4. Daya Tarik Seksual

Kok bisa bulu ketek itu jadi daya tarik seksual ya?? Karena folikel rambut itu letaknya kebanyakan berdekatan dengan kelenjar yang menghasilkan feromon. Nah, feromon itu adalah bundel molekul yang diproduksi oleh tubuh sebagai sinyal kimia untuk menarik pasangan secara seksual. Karena itu, bagi sebagian orang, mencukur bulu ketek sampai habis bisa mengurangi gairah seksual terhadap lawan jenis. Hal ini berdasarkan buku Dr. Bruce Perry yang judulnya Why Do We Have Body Hair?
Jadi sebenarnya bulu ketek itu tidak akan bermasalah dan malah menjadi daya tarik untuk lawan jenis. Tapi ya jangan lupa dijaga dong kebersihan dan kehigienisannya. Kalau dicukur atau dicabut banyak resikonya, kamu masih bisa mengunting pake gunting kecil atau gunting khusus gitu. Jangan sampai bulu ketek yang panjang-panjang membuat kamu jadi bau bada.

No comments: